23.11.17

8 Jenis Buah Langka Nusantara




Buah Jeruk Darah
Selama ini jeruk darah dikenal langka dan hanya bisa dikembangkan di daerah tertentu, tetapi sekelompok ilmuan inggris telah berhasil memodifikasi gen jeruk ini sehingga bisa dikembangkan di seluruh penjuru dunia.
Jeruk darah mendapat warna merah khas mereka dari pigmen antosianin yang dikenal juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan resiko sakit jantung dan stroke. Tapi, pigmen ini hanya berkembang di iklim tertentu dengan priode musim dingin yang singkat. Secara komersial jeruk ini bisa dikembangkan di daerah tertentu, misalnya italia, karena kualitas buah premium sehingga mendapat harga tinggi di pasar.

Buah Rambai
Buah yang satu ini terasa asam manis. Secara fisik serupa dengan duku, tetapi buahnya berumbai-rumbai. Kulitnya lebih tipis dan pohon relatif besar dari duku. Manfaat buah ini banyak dipakai untuk kombinasi masakan ikan atau sebagai pengganti asam. Tumbuhan ini tumbuh di daerah Pulau Bangka Belitung.

Buah Kerak Duduk
Hidup didaerah berpasir dan tidak mengenal musim untuk berbuah, buah ini terasa manis dan enak. Ukuran buah ini relative kecil sebesar jempol orang dewasa. Ketika berbuah didalam satu batang/ranting menghasilkan banyak buah. Ukuran pohon relatif kecil sebesar jempolan orang dewasa saja, ukuran terbesar hanya sebesar kaki orang dewasa saja. Itu juga tidak sering umumnya.

Buah Kelubi
Buah Kelubi hidup di dalam perairan hutan rimba, atau daerah air payau. Buah ini serupa dengan salak, sehingga beberapa orang mengira sebagai buah salak. Kelubi terasa benar-benar asam dibanding salak, umumnya sebelum makan buah ini diasinkan dahulu untuk menghilangkan rasa asamnya.

Buah Manau
Buah manau yaitu buah dari pohon rotan. Buahnya terasa asam-asam manis, dan terasa enak bila telah di asin. Buah manau banyak terdapat di daerah Kepulauan Bangka, Kepulauan Belitung, Kepulauan Sumatera, dan Kalimantan. Ketika berbuah pohon dapat menghasilkan ½ karung berpohonnya.

Buah Matoa
Awalnya buah matoa hanya ada di papua, akan tetapi saya pernah menemukan buah ini juga di Kalimantan. Rasanya manis dan seperti kombinasi kelengkeng, rambutan dengan sedikit rasa durian.

Buah Lay
Banyak ditemukan di daerah Kalimantan, terutama Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Orang Kalimantan menyebutnya dengan nama buah pepaken. Penampilannya seperti durian namun durinya lebih tajam dan ukurannya lebih kecil. Daging buahnya lebih tebal dan berwarna kuning, rasa lebih manis dan baunya tak menyengat seperti durian.

Buah Kemayau
Salah satu buah yang paling saya suka di Kalimantan adalah buah ini. Sebelum dimakan harus dimasak dengan cara direndam dengan air panas sekita 2-3 menit sampai lembek yang artinya sudah bisa dimakan. Jangan terlalu lama memasaknya, lantaran akan mengeras seperti batu. Cara memakannya yaitu kulit hitamnya dibuang, daging buah yang di dalam yang kita makan. Paling enak jika dicocol dengan madu atau gula merah.



Sumber: Majalah Herbal Edisi 10

No comments:

Post a Comment