23.11.17

3 Jenis Daun Tanaman yang dapat mengobati berbagai macam penyakit


Daun Insulin Anti Diabetes
Pakar penelitian tanaman Yakon, Michael Hermann dari Reasearch Project Leader of the Andean roots and tuber, mengungkapkan bahwa Yakon kandungan fruktosanya 35% free dan 25% terikat.
Menurut Dr. Sri Widowati (Peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian Bogor), Yakon kaya dengan insulin dimana unit-unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi dapat di fermentasi oleh usus besar. Daun insulin mengandung fructooligosaccharide, suatu polisakarida dicerna terdiri dari fruktosa. Fructooligosaccharides memiliki rasa manis dan memiliki efek prebiotic.
Keadaan inilah yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dan karenanya dengan konsumsi Yakon tak mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah, maka dari itu yakon digunakan untuk penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya.


Daun Sirsak Ampuh Atasi Kanker
Menurut penelitian di tahun 1965, para ilmuan menyatakan bahwa daun sirsak sangat bermanfaat untuk mengatasi kanker. Dalam daun sirsak terkandung senyawa proaktif seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin, dan lainnya. Dimana kandungan tersebut cukup berkhasiat 10.000 kali lipat mengatasi kanker dari pada kemoterapi.
Penelitian selanjutnya juga dilakukan oleh National Cancer Institute pada tahun 1976. Hasil dari penelitian itupun mengejutkan dunia. Menurut mereka daun dan batang sirsak mampu selektif dalam membunuh sel kanker. Penelitian itupun semakin diperkuat lagi dengan adanya bukti uji klinis yang dilakukan oleh para ilmuan dari Korea Selatan.


Daun Salam Hancurkan Kolesterol
Daun salam ampuh dalam menurunkan dan menyembuhkan kolesterol. Siapa yang tidak takut dengan kolesterol yang dijamin akan membuat beragam penyakit susulan dating dan menggerogoti kesehatan kita? Daun salam ternyata manjur untuk membantu menurunkan kolesterol.
Daun salam dapat digunakan dengan cara direbus.
  • -          Air rebusan menggunakan 3 gelas air yang direbus hingga menjadi 1 gelas saja.
  • -          Jumlah daun salam yang digunakan antara 10 sampai 15 lembar.
  • -          Minum rebusan daun salam ini 2 kali sehari.
  • -          InsyaAllah kolesterol akan turun.
Daun salam juga ampuh dalam mengatasi kencing manis. Caranya adalah dengan meminum rebusan daun salam secara rutin.

Sumber: Majalah Bisnis dan Kelestarian Lingkungan (Green Indonesia) Nomor 4 Tahun II/2016

No comments:

Post a Comment