17.11.17

10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Cepat Lelah





1. Tidur Larut Malam di Akhir Pekan
Begadang di hari Sabtu mungkin sering dilakukan sebagian orang. Kemudian, untuk mengganti “utang tidur” itu, tak jarang kita tidur sepanjang hari di hari Minggu. Kondisi inilah yang membuat kita kesulitan untuk tidur di malam harinya. Akibatnya, kita akan merasa lelah di Senin pagi.
Untuk mengatasi kelehahan itu, tidurlah kurang lebih selama 20 menit saat rehat di kantor. Akan tetapi, jangan sampai kita tidur terlalu lama. Karena hal itu malah membuat kita bangun dengan kondisi badan yang semakin lelah.

2. Memeriksa Email Sebelum Tidur
Cahaya dari handphohe atau komputer dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh. Menurut penelitian, cahaya itu dapat menekan produksi hormon melatonin dalam tubuh. Sedangkan, hormon itulah yang dapat mempermudah kita untuk tertidur.
Kepekaan tubuh seseorang terhadap cahaya memang berbeda-beda. Akan tetapi, tidak menggunakan handphone atau benda sejenisnya sekitar satu atau dua jam sebelum tidur, merupakan solusi yang amat baik agar kita mudah terlelap.

3. Sering Mengkonsumis Junk Food
Makanan sarat dengan gula dan karbohidrat sederhana seperti junk food dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Nah, tingginya kadar gula darah dalam tumbuh kita tentu akan diikuti dengan rasa lelah sepanjang hari.
Untuk menjaga agar gula darah tetap stabil, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan berpotein dan gandum. Protein bisa kita dapatkan dari beberapa jenis makanan missal, ayam dan beras merah, salmon dengan ubi jalar, atau salad dengan ayam dan buah.

4. Meja Kantor yang Berantakan
Menurut riset dari Princeton University Study, meja atau ruang kantor yang berantakan, akan membuat kita sulit untuk fokus dan membatasi kemampuan otak untuk memproses informasi yang kita dapat. Alangkah baiknya bila kita merapikan meja kantor sebelum pulang. Hal ini akan membantu pikiran menjadi lebih positif ketika kita masuk ruang kantor dan melihat meja di kantor keesokan paginya. 

5. Kurang Minum
Seperti yang kita ketahui, sebagian dari tubuh kita ini terdiri dari cairan. Bahkan tulang yang terkesan “kering” pun, memiliki dan terdiri dari banyak cairan. Nah, kehilangan cairan sering menjadi penyebab tubuh merasa lelah. Menurut  Amy Goodson, RD, ahli gizi di Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, dehidrasi dapat menyebabkan pengurangan volume darah. Bahkan, itu juga bisa membuat darah lebih tebal.
Jika sudah terjadi seperti itu, kemampuan jantung untuk memompa darah jadi kurang efektif. Akibatnya peredaran oksigen dan nutrisi akan semakin lama untuk menyuplai kebutuhan energi bagi otot dan organ tubuh.

6. Tidur Terlalu Larut 
Kurang tidur sudah pasti membuat tubuh menjadi kurang fit atau segar ketika bangun di pagi hari. Selain membuat tubuh terasa lelah, kurang tidur juga dapat menurunkan suasana hati kita.
Sejatinya, ketika kita tidur tubuh ini akan mengisi ulang energi yang telah terbuang karena berbagai aktivitas di siang harinya. Tak hanya itu saja, sistem imun dalam tubuh akan bekerja lebih optimal saat kita tertidur. Nah, dengan sistem imun yang prima, tentu kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

7. Tidak Berolahraga
Dalam sebuah penelitian di Universitas Georgia, orang dewasa yang melakukan olahraga ringan tiga kali seminggu (20 menit perhari) akan merasa lebih bersemangat dan berenergi. Karena, olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat menjaga kesehatan jantung kita.

8. Kekurangan Zat Besi
Kekurangan zat satu ini yaitu zat besi dapat membuat pribadi kita menjadi lamban, lemah, dan tidak fokus. Menurut Goodson,  hal itu terjadi karena kurangnya  asupan oksigen yang beredar di otot dan sel-sel tubuh. Dengan meningkatkan asupan zat besi kita akan terhindar dari anemia yang bisa membuat tubuh terasa lelah.  

9. Terlalu Gelisah
Kegelisahan dapat membuat kesehatan mental kita terganggu. Imbasnya, tubuh kita akan terasa cepat lelah. Contohnya seperti ketika atasan kita memanggil dalam pertemuan tak terduga. Di saat-saat seperti itu terkadang kita memikirikan hal buruk mungkin akan terjadi. Seperti ketakutan akan dipecat atau hal buruk lainnya. Sebaiknya, cobalah untuk tidak memikirkan hal-hal buruk yang belum pasti terjadi.

10. Tidak Sarapan
Makanan merupakan bahan bakar untuk tubuh kita. Tahukah kawan kalau tubuh kita tetap menggunakan makanan yang telah kita makan pada malam hari, guna untuk memompa darah dan aliran oksigen?
Oleh karena itu di pagi hari kita perlu mengisi bahan bakar yang terbuang itu dengan sarapan. Karena, kita akan merasa lamban dan kurang berenergi bila melewatkan sarapan. Goodson menyarankan agar mengonsumsi biji-bijian, protein, dan lemak sehat untuk sarapan pada pagi hari. (CT)

No comments:

Post a Comment